RSS

Selasa, 06 Oktober 2009

Surat Cinta dari Nya


Ana punya teman.. dia punya kebiasaan yang cukup.. aneh.. ya gitu deh.. he2.. dulu.. kita ber3 pernah bikin tugas bareng sambil dengerin radio.. tiba2 terdengar lagu Sholder to cry on-nya Tommy Page.. ga tau kenapa, tiba2 salah satu dari temen ana tersebut langsung naik ke atas kasur dan membenamkan wajahnya dalam bantal.. Nah..? kita ber2 kebingungan whats wrong with her.? yah begitu lah.. ternyata memang dia punya kenangan dengan lagu itu.. dan setiap denger lagu tersebut selalu seperti itu... menangis..


Ada lagi yang lain... dia memang terkenal dengan melankolisnya.. waktu sma, pas lagi jam istirahat, ada yang nganyiin lagu When you say nothing at all-nya Ronan Keathing di kelas.. tiba2 aja matanya temen ana langsung berkaca2.. trus langsung bilang.. “waa jahat banget .. jangan nyanyiin itu di depan gw donk.. jadi sedih nie..” . Entahlah apakah ini juga mengingatkannya pada sesuatu..


Kalau yang ini temen ana yang laki2.. dia sedih banget klo denger lagu Yesterday-nya Beatleas.. ktanya.. “kisahnya tragis banget yah.. lagu yang paling kasihan yang pernah gw dengerin..” (dee segitunya..)


mmm.. begitu rapuhkah hati manusia.?
Dalam sebuah syair dikatakan :
Hidupku disisi-Mu dalam nuansa keakraban
bersabar dikejauhan adalah suatu kemustahilan
bagaimanakah aku dihadapan Mu dapat bersabar
dan adakah kesabaran seorang yang haus, terhadap air yang tawar?
Jika orang-orang dapat mempermainkan segala sesuatu
Kulihat cinta dapat mempermainkan semua orang



Sulit memang untuk menyangsikan kekuatan cinta dalam kehidupan manusia.. bisa jadi hal tersebut merupakan bentuk ekspresi cinta mereka.. atau bahkan kita pun –mungkin- pernah mengalami hal tersebut.. Namun bukan itu yang ingin ana bahas.. bukan apa yang menyebabkan mereka menangis ataupun tentang rasa cinta dan rindu.. bukan juga tentang kisah cintanya Laila-Majnun.. bukan itu.. mungkin lain kali kalau Allah mengizinkan-InsyaAllah..
Ana hanya ingin menulis tentang Surat CintaNya.. ya.. Surat cinta.. surat yang dapat mengekspesikan cinta kita.. atau surat yang dapat menyebutkan siapa diri kita...


Kalau seseorang menangis karena tersentuh akan isi lagu tersebut ataupun karena mengingatkan akan sesuatu hal mungkin sudah biasa, namun sudahkah hati ini tersentuh begitu mendengarkan ayat-ayat Qur’an.? Padahal isinya adalah Surat CintaNya yang dikirimkan untuk hambaNya.. yang di dalamnya ada sebab-sebab kemuliaan bagi kita..namun sudahkah kita memahaminya...?

“ Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (Q.S.8:2)


Jadi ingat sama seorang sahabat Rasulullah.. ana lupa namanya, afwan.... ( klo ada yang inget kasih tau ya..) ia sangat senang membaca surat Al Ikhlash.. ‘Qul huwallahu Ahad’. Bacaan itu selalu diulang-ulang dalam setiap rakaat, jadi walaupun ia membaca surat lain dalam sholatnya, ia selalu menutup dengan Al Ikhlas sebelum ruku’. Selalu dibaca dalam dzikirnya, selalu diucapkannya, selalu diingat untuk menyegarkan hatinya dan selalu digumamkan untuk menggerakkan anggota tubuhnya Sehingga Rasulullah bersabda, “Kecintaanmu padanya akan membuatmu masuk surga”.
Subhanallah.! Begitu cintanya ia dengan surat itu... surat cinta dari Sang kekasih yang selalu dibacanya... bentuk expresi cinta yang tiada tara.. yang pada akhirnya bermuara kepada Sang Khalik.


Expresikan cintamu..!
Setiap manusia.. ana, antum.. siapa aja.. mempunyai pemasalan yang berbeda, begitu juga dengan menyelesaikan solusinya.. Para sahabat dulu mempunyai perasaan yang tinggi dengan Al-Qur'an. Setiap masalah, kegoncangan jiwa, kesedihan, obatnya hanya satu yaitu Al-Qur'an, tempat di mana kegersangan jiwa mendapat solusi.. dan antum akan menemukan diri antum di dalamnya.. ga percaya..? Coba aja..!


Seorang sahabat Ahnaf Bin Qais punya kebiasaan menarik, sebelum membaca Al-Qur'an, selalu terlebih dahulu ia membaca surat Al Anbiya ayat 10, 'sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya?'
lalu ia mulai membaca Al-Qur'an dan menemukan dirinya.


Masih ingat peristiwa aksi mahasiswa mengenai akbar tanjung di februari 2004 yang akhirnya bentrok dan menimbulkan korban..? akhwat ini salah satunya.. namun ia tidak terluka walaupun jatuh + tertindih beberapa akhwat lainnya..tapi Alhamdulillah ada yang menolongnya.. membantunya berdiri.. ia pun berlari sambil bertakbir..
Setelah bercerita kejadian hari itu.. dengan mata berkaca2, dia hanya berkata.. “tolong bacakan Ar Rahman untukku”. Sungguh.. ia hanya ingin mendengarkan surat itu... karena di dalam surat itu ia menemukan sesuatu.. ia menemukan dirinya-yang terkadang tidak bersyukur atas nikmat-Nya.. Namun akhirnya, ia merasakan bahwa Allah sangat menyayanginya.. masih memberikan kesempatan kepadanya untuk menyelesaikan amanah2nya.. masih memberikan waktu untuk bertobat dan beribadah kepadaNya, masih memberikan kesempatan untuk terus mencintai Allah dan rasulNya, dsb. Begitulah.. sejak kejadian itu, Ar Rahman menjadi surat favoritnya.. surat cinta yang membuat ia semakin mencintaiNya.. kalau sedang sholat dan kebetulan sang imam membaca Ar Rahman.. seketika itu air matanya meleleh.. mungkin itu salah satu bentuk ekspesi cintanya..


Ada jg seorang ikhwan.. ia sangat suka dengan surat Al A’la. Karena sewaktu ia umroh ada kejadian yang membuatnya jatuh cinta dengan surat tersebut. Wallahu’alam kejadiannya seperti apa.. yang pasti ia sangat menyukai surat itu..


Sobat… begitu sombongkah hati ini.. ketika tidak ada satu ayatpun yang membuat hati kita tersentuh..? yang membuat hati kita bergetar saat ayat tersebut dibacakan..? yang membuat air mata ini tumpah ketika ayat tersebut mengalun indah?
Sedikit bermuhasabah ...
Smoga Allah tidak mengunci mati hati ini..dan tidak menjadikannya keras seperti batu..


“Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S.57:16)

Mari sobat bersama-sama expresikan cinta kita.. cinta kepada Sang Pencinta.. Temukan sebongkah cinta dan rindu yang akan kita persembahkan kepada Allah, kekasih abadi kita..


“ ..... Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.”
(Q.S.19: 58)




Smoga Allah selalu menautkan hati-hati kita dalam cinta kepadaNya..
Wallahu’alam bishshawaab.


Salam takdzim 4 all
Here, there and Everywhere

Bumi Allah..jkt
The last week on Nov 05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih coment yang membangun ya.. ^^